PERSEPSI PENGUSAHA UMKM TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA ONLINE UNTUK PEMASARAN PRODUK DI KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Gita Nuansa, Unnisa (2022) PERSEPSI PENGUSAHA UMKM TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA ONLINE UNTUK PEMASARAN PRODUK DI KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Gita Nuansa Unnisa_Persepsi Pengusaha UMKM Terhadap Pemanfaatan Media Online untuk pemasaran produk di Kecamatan Masbag~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk memahami persepsi pengusaha UMKM tentang pemanfaatan media online untuk pemasaran produk di Kecamatan Masbagik 2) untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi pengusaha UMKM di Kecamatan Masbagik dalam memasarkan produknya menggunakan media online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Unit analisis dari penelitian ini adalah individu pengusaha produk UMKM dalam memanfaatkan media online. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik survey dengan mengadakan wawancara. Untuk mengetahui persepsi pengusaha UMKM dalam penelitian ini, maka data primer yang dikumpulkan, dianalisis dengan cara deskriptif (menilai, mengukur dan menganalisa) sesuai dengan jawaban yang diperoleh responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pengusaha UMKM dalam pemanfaatan media online untuk meningkatkan pemasaran produk olahan pertanian UMKM di Kecamatan Masbagik berada pada kategori sedang dengan persentase 63%, sedangkan Pengetahuan pengusaha UMKM terhadap pemanfaatan media online di Kecamatan Masbagik berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 53%. Adapun kendala yang dihadapi pengusaha UMKM untuk meningkatkan pemasaran produk olahan pertanian UMKM di Kecamatan Masbagik yaitu koneksi internet yang lambat, surat izin usaha, pengalaman dalam pengaplikasian IT, dan keterbatasan sumberdaya manusia (SDM).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persepsi, UMKM, Media Online, Pemasaran Produk
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:17
Last Modified: 16 Sep 2022 03:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31861

Actions (login required)

View Item View Item