ANALISIS URUTAN PERISTIWA DALAM CERITA NOVEL KEKASIH REMBULAN KARYA FAHRI ASIZA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Amanda, Dian Tamara (2016) ANALISIS URUTAN PERISTIWA DALAM CERITA NOVEL KEKASIH REMBULAN KARYA FAHRI ASIZA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk urutan peristiwa, konflik, dan klimaks yang terjadi dalam novel Kekasih Rembulan karya Fahri Asiza dan bagaimanakah hubungan hasil analisis novel Kekasih Rembulan karya Fahri Asiza dengan pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk urutan peristiwa, konflik, dan klimaks dalam cerita novel Kekasih Rembulan karya Fahri Asiza dan mendeskripsikan hubungan hasil analisis urutan peristiwa dalam cerita novel Kekasih Rembulan karya Fahri Asiza dengan pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Kekasih Rembulan karya Fahri Asiza. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, simak dan baca catat dengan Teknik analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa urutan peristiwa yang terjadi pada novel Kekasih Rembulan yaitu saat Zamila dan ketiga sahabatnya Komariah, Muslim, dan Irawan berusaha memberantas peredaran obat terlarang di sekitar kompleks. Tidak hanya itu, Zamila dan ketiga sahabatnya terus berusaha mengajak para remaja di sekitar kompleks untuk belajar agama dan meramaikan masjid dengan cara membuat kegiatan siraman rohani sampai mendirikan TPA untuk anak-anak. Tetapi kegiatan mereka ternyata tidak berjalan mulus. Banyak hambatan yang mereka temui mulai dari ejekan sampai hinaan. Berbagai peristiwa dan konflik terjadi, dari peristiwa fungsional, peristiwa kaitan, peristiwa acuan, konflik internal, konflik eksternal, sampai klimaks. Selain itu, hasil analisis penelitian ini berkaitan juga dengan materi pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI semester I pada Standar Kompetensi (SK) : membaca 2. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan dan Kompetensi Dasar (KD) : menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemaahan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Urutan Peristiwa, Novel, dan Unsur Intrinsik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Apr 2018 05:08
Last Modified: 26 Apr 2018 05:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3187

Actions (login required)

View Item View Item