ANALISIS STABILITAS PERKUATAN DINDING TURAP JENIS CORRUGATED CONCRETE SHEET PILE (CCSP) DENGAN ANGKER PADA RUAS JALAN BIL - MANDALIKA

DHANI IZHA, RUSYANDI (2022) ANALISIS STABILITAS PERKUATAN DINDING TURAP JENIS CORRUGATED CONCRETE SHEET PILE (CCSP) DENGAN ANGKER PADA RUAS JALAN BIL - MANDALIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Tugas Akhir-F1A017035-Dhani Izha Rusyandi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Ruas jalan By Pass BIL – Mandalika merupakan akses yang menghubungkan Bandara International Lombok (BIL) menuju Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Pada beberapa titik perencanaan ruas jalan dibangun di atas timbunan yang tinggi. Sehingga dibutuhkan suatu perkuatan penahan untuk mencegah terjadinya longsor pada timbunan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis suatu perkuatan penahan timbunan pada ruas jalan By Pass BIL – Mandalika. Perencanaan yang diamati adalah pada STA 4+550 dengan timbunan setinggi 8,5 m. Perkuatan yang digunakan berupa turap Corrugated Concrete Sheet Pile (CCSP) dengan angker. Data yang digunakan dalam analisis merupakan data sekunder proyek perencanaan jalan BIL – Mandalika. Analisis dilakukan secara manual dan menggunakan bantuan Software Geo5. Analisis secara manual menggunakan dua metode yaitu metode ujung bebas dan metode ujung tetap, sedangkan pada software Geo 5 menggunakan program Sheeting Design. Analisis dilakukan untuk mengetahui kedalaman penetrasi turap, profil penampang turap, profil angker dan lokasi pemasangan angker. Berdasarkan hasil analisis secara manual, didapatkan kedalaman penetrasi untuk metode ujung bebas dan ujung tetap berturut-turut sebesar 1,859 m dan 3,499 m. Sedangkan analisis dengan Software Geo 5 untuk metode ujung bebas dan ujung tetap diperoleh kedalaman penetrasi berturut-turut sebesar 1,550 m dan 4,040 m. Profil penampang turap menggunakan CCSP W-500B yang dipilih berdasarkan nilai momen maksimum rencana dengan tulangan memanjang 12 D16 dan tulangan geser D12-150. Profil angker menggunakan 7 buah strand tendon A 416/A416M Grade 1860 dengan diameter 12,7 mm yang dipilih berdasarkan nilai gaya tarik angker rencana. Lokasi pemasangan angker direncanakan berdasarkan tinjauan zona aktif turap tidak memotong bidang longsor blok angker, sehingga diperoleh panjang angker 15 m dan kedalaman blok angker 4 m.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Timbunan, Turap, CCSP, Angker, Software Geo 5
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Alimin
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:59
Last Modified: 16 Sep 2022 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31887

Actions (login required)

View Item View Item