ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI KANGKUNG DAN FAKTOR FAKTOR EKONOMI YANG MEMPENGARUHINYA DI KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT

DONI OKTO, RIANSYAH (2022) ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI KANGKUNG DAN FAKTOR FAKTOR EKONOMI YANG MEMPENGARUHINYA DI KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
doni oktoriansyah (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis pendapatan usahatani kangkung di Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, (2) menganalisis kelayakan usahatani kangkung di Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, (3). menganalisis faktor-faktor ekonomi yang yang berpengaruh terhadap kelayakan usahatani kangkung di Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Dari lima desa yang mengusahatanikan tanaman kangkung, dipilih tiga desa secara purposive sampling yakni Desa Bengkel, Desa Merembu, dan Desa Telagawaru. Penentuan Jumlah responden dilakukan secara quota sampling yaitu ditentukan sebanyak 30 responden dengan diambil 10 responden dari masing-masing desa daerah penelitian secara. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan petani responden dengan alat bantu kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu (1) Pendapatan; (2) Kelayakan usaha; (3) Faktor – faktor ekonomi yang mempengaruhi kelayakan usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pendapatan usahatani kangkung air di Kecamatan Labuapi per musim tanam yaitu sebesar Rp 2.084.990/LLG atau Rp 52.124.748/Ha. Hasil ini didapat dari selisih antara nilai produksi Rp 3.774.100/LLG atau Rp 94.352.500/Ha dengan biaya produksi Rp 1.689.110/LLG atau Rp42.227.752/Ha. (2) Kelayakan usahatani kangkung di Kecamatan Labuapi 2 berdasarkan nilai dari R/C Ratio yaitu sebesar 2,2 > 1, Berarti usahatani kangkung di Kecamatan Labuapi layak diusahakan. (3) Faktor-faktor Ekonomi Biaya, Pendapatan, dan Luas Lahan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kelayakan Usaha dan secara parsial Biaya, Pendapatan, dan Luas Lahan secara signifikan berpengaruh terhadap Kelayakan Usahatani Kangkung di Kecamatan Labuapi. penelitian disarankan : (1) Disarankan kepada petani untuk meminimalisir biaya saprodi dan memanfatkan sumberdaya sekitar sebagai pengganti seperti mengganti penggunaan pupuk kimia menjadi pupuk organik; (2) Diharapkan kepada pemerintah lebih memperhatikan petani serta dapat mensosialisasikan tentang penanggulangan hama, penyakit dan cara memasarkan produknya agar tetap memperoleh hasil yang maksimal; (3) Disarankan bagi peneliti selanjutnya yang hendak melakukan penelitian berkaitan dengan kelayakan usahatani kangkung agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk mendukung penelitian tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kelayakan, Pendapatan, Kangkung
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:55
Last Modified: 16 Sep 2022 02:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31891

Actions (login required)

View Item View Item