PERTENTANGAN KELAS SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA “BILA MALAM BERTAMBAH MALAM” KARYA PUTU WIJAYA PERSPEKTIF MARXISME DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

PAHMI, ZUL (2016) PERTENTANGAN KELAS SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA “BILA MALAM BERTAMBAH MALAM” KARYA PUTU WIJAYA PERSPEKTIF MARXISME DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap karyakarya naskah drama Putu Wijaya yang bertemakan kritik sosial, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pertentangan kelas sosial yang terdapat dalam naskah drama Bila Malam Bertambah Malam karya Putu Wijaya dan mengetahui bagaimana keterkaitan penelitian dengan pembelajaran sastra di SMA. Masalah yang dikupas dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana gambaran pertentangan kelas ksatria dengan kelas sudra dalam naskah Bila Malam Bertambah Malam karya Putu Wijaya, dan 2) bagaimana kaitan hasil analisis naskah drama Bila Malam Bertambah Malam karya Putu Wijaya dengan pembelajaran drama di SMA. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode studi pustaka dan dokumentasi. Sesuai dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini, maka data yang sudah terkumpul akan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah naskah drama Bila Malam Bertambah Malam yang bertemakan kritik sosial (pertentangan kelas), terdapat dua kasta yang saling bertentangan yaitu kelas atas (ksatria) dan kelas bawah (sudra). Dalam naskah tersebut Gusti Biang, Ngurah, I Gusti Ngurah Ketut Mantri dan Sagung Rai digambarkan sebagai kasta atas (ksatria) atau kasta yang mendominasi, sedangkan Wayan dan Nyoman Niti digambarkan sebagai kasta bawah (sudra) atau kasta yang teralienasi akibat adanya dominasi kasta ksatria. Kaitannya dengan pembelajaran sastra yaitu bagaimana Memerankan tokoh dalam pementasan drama yang merupakan salah satu standar kompetensi yang terdapat dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang harus dikuasai oleh siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pertentangan, Kelas Sosial, Naskah Drama, Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:17
Last Modified: 30 Apr 2018 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3301

Actions (login required)

View Item View Item