PENGARUH PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI DESA PUNGKA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2022

NUR FARIDA, KUSUMANINGTYAS (2022) PENGARUH PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI DESA PUNGKA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FARIDA 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dikelompok B di PAUD Melati Desa Pungka Kabupaten Sumbawa. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif yaitu penelitian berdasarkan pada pemikiran positivisme. Maka dari metode penelitian yang digunakan ini adalah Pre- Experimental Designs (Nondesigns). Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen one group pretest posttes. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak 10 anak kelompok B PAUD Melati Desa Pungka Kabupaten Sumbawa. Tehnik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian. Data analisis menggunakan uji t. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari pretest kemampuan membaca anak yaitu skor tertinggi 33 dan terendah 24. Nilai rata-rata (mean) sebesar 29,2 dan standart deviasi sebesar 2,62. Data hasil penelitian yang diperoleh dari posttest berkaitan dengan kemampuan membaca anak yaitu skor tertinggi 35, dan terendah 28. Nilai rata- rata (mean) sebesar 32 dan standart deviasi sebesar 2,1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di PAUD Melati. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil akhir rata- rata anak, dimana rata-rata anak pada hasil pretest (sebelum perlakuan) adalah 29,2 dari 10 anak, sedangkan rata-rata anak pada hasil posttest adalah 32 dari 10 anak. Selain hasil rata-rata siswa, didapat juga hasil uji t yaitu nilai t hitung diperoleh nilai signifikansi (sig.) 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya ada keefektifan penggunaan kartu kata abjad untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kartu kata bergambar, kemampuan membaca permulaan.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:54
Last Modified: 16 Nov 2022 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33010

Actions (login required)

View Item View Item