IMPLEMENTASI SPEECH RECOGNITION GOOGLE AIY VOICE KIT UNTUK PENGATURAN WAKTU PERANGKAT RUMAH

B. Alifia Indah, Permatasari (2022) IMPLEMENTASI SPEECH RECOGNITION GOOGLE AIY VOICE KIT UNTUK PENGATURAN WAKTU PERANGKAT RUMAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN IMPLEMENTASI SPEECH RECOGNITION GOOGLEAIY VOICE KIT UNTUKPENGATURAN PERANGKAT RUMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari di dalam rumah, umumnya untuk memastikan atau menyalakan perangkat listrik menggunakan saklar. Dengan menggunakan saklar manual, penghuni rumah harus menekan langsung saklar tersebut secara langsung. Untuk mengatasi masalah tersebut, akan dibuat sistem yang bisa mempermudah menghidupkan dan mematikan perangkat listrik yaitu salah satunya dengan mengimplementasikan Smart Home. Smart Home biasanya terdiri dari beberapa peralatan elektronik. AIY Voice Kit dari Google memungkinkan kita untuk membangun sendiri bahasa pemrosesan suara dan terhubung ke Google Assistant. Penjadwalan untuk perangkat elektronik dapat dapat dilakukan dengan memberikan perintah kepada perangkat elektronik melalui speech recognition. Hal yang dijelaskan diatas sudah dilakukan pada kipas dan lampu bahwa kondisi Noise lebih berhasil jika dibandingkan dengan kondisi tanpa Noise tetapi memiliki kendala lebih lama menerima perintah. Pada percobaan yang berhasil tidak ditemukan kegagalan selama percobaan dari setiap kalimat perintah ke Google Aiy Voice Kit dan berhasil tersimpan ke database. Hal ini disebabkan karena perintah suara pengguna yang diberikan kepada Google Aiy Voice Kit lebih jelas. Sedangkan pada percobaan yang mengalami kegagalan disebabkan karena kalimat perintah yang diucapkan pengguna tidak jelas diterima oleh Google Aiy Voice Kit yang tentunya juga akan menyebabkan kesalahan penerimaan kalimat perintah oleh Google Aiy Voice Kit. Jadi didapatkan persentase dari kegagalan dalam kondisi tanpa noise, penelitian sebesar 33,34% sehingga menghasilkan keberhasilan sebesar 66,66%, dan untuk kondisi noise memiliki persentase kegagalan sebesar 16,67% dan memiliki keberhasilan 84,33%, dan untuk jarak memiliki persentase 50% untuk kondisi noise dan tanpa noise.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Smart Home, Google Aiy Voice Kit, Penjadwalan, Speech Recognition, Relay, Internet of Things, Perangkat Rumah
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:41
Last Modified: 21 Dec 2022 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33926

Actions (login required)

View Item View Item