IMPLIKASI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MA PALAPA NUSANTARA NW SELEBUNG

P A TMA H, S E R I F A (2017) IMPLIKASI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MA PALAPA NUSANTARA NW SELEBUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SERIFA PATMAH (E1A011055).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implikasi penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA Palapa Nusantara NW Selebung yang terbagi menjadi 2 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi adalah test essay. Data dianalisis menggunakan uji-t tehnik independent sample t- test dengan taraf signifikansi 5% dengan bantuan komputer menggunakan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada implikasi penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning lebih baik dari pada model pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi pada siswa kelas XI IPA di MA Palapa Nusantara NW Selebung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 May 2018 01:30
Last Modified: 02 May 2018 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3422

Actions (login required)

View Item View Item