ADAB BERGAUL SUAMI ISTRI DALAM ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL SANTRI PILIHAN BUNDA KARYA SALSYABILA FALENSIA ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA

Mustar Efendi, Pasha (2023) ADAB BERGAUL SUAMI ISTRI DALAM ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL SANTRI PILIHAN BUNDA KARYA SALSYABILA FALENSIA ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Mustar Efendi Pasha .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah adab bergaul suami istri dalam Islam yang terkandung dalam novel Santri Pilihan Bunda karya Salsyabila Falensia analisis sosiologi sastra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adab bergaul suami istri dalam Islam yang terkandung dalam novel Santri Pilihan Bunda karya Salsyabila Falensia menggunakan analisis sosiologi sastra. Metode penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu studi pustaka dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana adab bergaul suami istri dalam Islam yang terkandung dalan novel Santri Pillihan Budan, yaitu suami membimbing istri, saling bresikap dan bertutur kata yang lembut, bersikap sabar, istri melayani suami, saling memaafkan, pandai berterimakasih, bercanda dan bermesraan, berhias, saling menjaga pandangan dan kemaluan, menunjukan cinta kasih dan sayang. Meski harus menikah melalui jalan perjodohan dan masih terbilang sangat muda karna masih duduk di bangku sekolah, Kinaan dan Aliza ternyata menikmati kehidupan rumah tangga yang indah, walaupun pada awal pernikahan mereka sering bertentangan karna belum menerima satu sama lain karna perjodohan dan sikap Aliza yagn masih kekanakan, tetapi sikap Kinaan sebagai suami yang selalu membimbing dan memperlakukan Aliza dengan penuh kasih sayang membuat Aliza sadar akan betapa beruntungnya dirinya memiliki seorang suami seperti Kinaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Adab Bergaul, Islam, Novel, Sosiologi Sastra.
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:10
Last Modified: 18 Jan 2023 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34552

Actions (login required)

View Item View Item