PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBEKALAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA

Hikmawati, Nurul (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBEKALAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pembekalan pengetahuan awal terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika peserta didik. Jenis penelitian quasi-experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Montong Gading. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik sampling jenuh, sehingga diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data keterampilan proses sains dilakukan dengan teknik observasi. Data hasil belajar fisika dilakukan dengan teknik tes pilihan ganda sebanyak 25 soal dengan mempertimbangkan validitas, reliabel, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil observasi keterampilan proses sains diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 69 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 62. Hasil penelitian menunjukkan untuk hasil belajar nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 73 dengan nilai tertinggi 92 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 66 dengan nilai tertinggi 92. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t polled varians diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2.05 > 2.00 untuk keterampilan proses sains dan 2.11 > 2.00 untuk hasil belajar. Kesimpulan penelitian bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembekalan pengetahuan awal berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika peserta didik SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran berbasis masalah, pembekalan pengetahuan awal, keterampilan proses, hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 12 May 2018 02:32
Last Modified: 12 May 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3732

Actions (login required)

View Item View Item