PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 LINGSAR

NOPIANI, RAEHA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL RAEHA NOPIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran advance organizer berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Lingsar. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lingsar dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar yang diteliti adalah hasil belajar pada ranah kognitif sedangkan ranah afektif dan ranah psikomotor sebagai data pendukung. Instrumen untuk mengukur hasil belajar ranah kognitif adalah tes objektif yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran soal. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 75,00 dan kelas kontrol adalah 68,91. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data posttest terdistribusi normal dan homogen sehingga uji statistik yang digunakan adalah statistik parametrik t-test polled varian dengan kriteria uji t dua pihak, dan diperoleh

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Advance Organizer, Peta Konsep, Hasil Belajar Fisika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 12 May 2018 02:30
Last Modified: 12 May 2018 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item