NOPIANI, RAEHA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
JURNAL RAEHA NOPIANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran advance organizer berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Lingsar. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lingsar dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar yang diteliti adalah hasil belajar pada ranah kognitif sedangkan ranah afektif dan ranah psikomotor sebagai data pendukung. Instrumen untuk mengukur hasil belajar ranah kognitif adalah tes objektif yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran soal. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 75,00 dan kelas kontrol adalah 68,91. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data posttest terdistribusi normal dan homogen sehingga uji statistik yang digunakan adalah statistik parametrik t-test polled varian dengan kriteria uji t dua pihak, dan diperoleh
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Advance Organizer, Peta Konsep, Hasil Belajar Fisika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 12 May 2018 02:30 |
Last Modified: | 12 May 2018 02:30 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3736 |
Actions (login required)
View Item |