NILAI PRAGMATIS DALAM NOVEL GURU DANE KARYA SALMAN FARIS DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

SARTINI, INTAN (2013) NILAI PRAGMATIS DALAM NOVEL GURU DANE KARYA SALMAN FARIS DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN BARU.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Nilai Pragmatis dalam Novel Guru Dane Karya Salman Faris dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA “. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimanakah bentuk nilai pragmatis yang terdapat dalam novel Guru Dane karya Salman Faris, (2) Bagaimanakah hubungan nilai-nilai pragmatis dalam novel Guru Dane karya Salman Faris dengan pembelajaran sastra di SMA. Tujuan dari penelitian ini, yaitu : (1) Mendeskripsikan bentuk nilai pragmatis berupa nilai pendidikan dalam novel Guru Dane karya Salman Faris, (2) Mendeskripsikan hubungan nilai-nilai pragmatis berupa nilai pendidikan dalam novel Guru Dane karya Salman Faris dengan pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka dan pencatatan. Untuk menganalisis data, penelitian dilakukan dua tahap, yaitu, dengan menggunakan pendekatan struktural dan pendekatan pragmatis. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Bentuk nilai pragmatis berupa nilainilai pendidikan dalam novel Guru Dane karya Salman Faris, yaitu : Pertama, nilai moral yang meliputi pemberani, tidak pendendam, larangan berbuat kasar, selalu berpikir positif, menepati janji, kasih sayang, dan memiliki etika. Kedua, nilai sosial yang meliputi rela berkorban, saling menasehati, dan bekerja sama. (2) Novel Guru Dane karya Salman Faris dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran khususnya pembelajaran sastra di SMA. Penerapan nilai-nilai pendidikan dalam novel Guru Dane karya Salman Faris terdapat pada Kompetensi Dasar kelas XI semester I yaitu menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan indikator menganalisis unsurunsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pendidikan, Struktural, Novel, dan Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 May 2018 05:40
Last Modified: 16 May 2018 05:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3866

Actions (login required)

View Item View Item