PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TABEL BERSTRATEGI FOUR M SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2011-2012

BAHRI, SYAMSUL (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TABEL BERSTRATEGI FOUR M SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2011-2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca tabel berstrategi Four M siswa kelas VII D SMP Negeri 12 Mataram tahun pembelajaran 2011/2012. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil deskripsi objektif, tentang pembelajaran dengan strategi Four M siswa kelas VII D SMP Negeri 12 Mataram tahun pembelajaran 2011-2012 untuk meningkatkan kemampuan membaca tabel. Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus dengan indikator keberhasilan yakni rata-rata nilai siswa ≥ 70 dengan ketuntasan klasiakal ≥ 75 %. Siklus I dilaksanakan I kali pertemuan dan siklus ke II dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes, sedangkan penganalisisan data menggunakan rumus ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca tabel mengalami peningkatan, baik dari segi proses maupun hasil. Peningkatan proses ditunjukkan dengan hampir semua indikator tindakan telah dilaksanakan oleh semua siswa, baik dari aspek guru maupun siswa. Indikator keberhasilan tindakan tersebut adalah: (1) Sumua siswa; (2) sebagian besar siswa; (3) beberapa siswa; (4) tidak ada siswa. Peningkatan hasil dapat dilihat dari Nilai rata-rata tiap aspek mengalami peningkatan: (1) aspek membaca mengalami peningkatan dari siklus pertama nilai rata-rata 74,19 pada siklus I menjadi 75,00 pada siklus II; (2) aspek memahami mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata 68,54 menjadi 75,80 pada siklus II; (3) aspek menyalin, dari siklus I 66,93 menjadi 74,19 pada siklus II; (4) aspek menyimpulkan nilai rata-rata pada siklus I 68,54 menjadi 74,19 pada siklus II. Dengan demikian, kemampuan membaca tabel berstrategi Four M sudah mencapai indikator kinerja dengan persentase peningkatan keseluruhan sebanyak 9,07 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan Kemampuan, Membaca tabel, Strategi Four M
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 May 2018 06:01
Last Modified: 22 May 2018 06:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4104

Actions (login required)

View Item View Item