MI L A H A R N O P I A, MI L A H A R N O P I A (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI MILA HARNOPIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengaruh keterampilan berpikir kreatif adalah tes uraian, sedangkan untuk mengukur hasil belajar adalah test obyektif (pilihan ganda). Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016 (p < 0,05)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 06:43 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 06:43 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4696 |
Actions (login required)
View Item |