PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MI L A H A R N O P I A, MI L A H A R N O P I A (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MILA HARNOPIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengaruh keterampilan berpikir kreatif adalah tes uraian, sedangkan untuk mengukur hasil belajar adalah test obyektif (pilihan ganda). Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016 (p < 0,05)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2018 06:43
Last Modified: 28 Jun 2018 06:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4696

Actions (login required)

View Item View Item