MUSLIM, IMAM (2015) PENGGUNAAN MODUL HASIL PENELITIAN UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN INTERPRETASI DATA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MATARAM TAHUN 2015. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI IMAM MUSLIM.pdf Restricted to Repository staff only Download (33MB) |
Abstract
Pembelajaran saat ini kurang melatih ketrampilan siswa. Hasil survey PISA bahwa kemampuan literasi sain salah satunya kemampuan menginterpretasi data siswa Indonesia masih sangat rendah. Penggunaan sumber belajar berupa modul hasil penelitian diduga dapat meningkatkan kemampuan interpretasi data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul hasil penelitian terhadap peningkatan kemampuan interpretasi data siswa Kelas X SMA Negeri 5 Mataram tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan menginterpretasi data adalah tes essay. Data penelitian berupa nilai Normalized Gain dianalisis menggunakan uji Independent Sampel Test pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai Sig ˂ α yaitu 0.006 ˂ 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan menginterpretasi data yang signifikan pada kedua kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan modul hasil penelitian untuk peningkatan kemampuan interpretasi data siswa Kelas X SMA Negeri 5 Mataram Tahun 2015.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Modul Hasil Penelitian, Kemampuan Interpretasi Data |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 06:40 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 06:40 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4714 |
Actions (login required)
View Item |