Aminullah, Muhammad (2010) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMAN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I.doc Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
Text
BAB II.doc Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X di SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian control group Pre-test Post-test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2010/2011, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-12 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan memberikan tes prestasi belajar pada materi perpindahan kalor. Nilai rata-rata Pre-test untuk kelas ekperimen yaitu 45,45 sedangkan kelas kontrol yaitu 42,45, sedangkan nilai rata-rata Post-test kelas eksperimen yaitu 81,07 dan kelas kontrol yaitu 61,23. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 1,898 sedangkan ttabel sebesar 1,671 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian maka thitung > ttabel dan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan internet sebagai sumber belajar efektif terhadap prestasi belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Internet, Sumber Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 01:39 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 01:39 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4986 |
Actions (login required)
View Item |