Model Pembelajaran Kausalitik: Berorientasi penguasaan konsep secara utuh.

Rokhmat, Joni (2018) Model Pembelajaran Kausalitik: Berorientasi penguasaan konsep secara utuh. In: Model Pembelajaran Kausalitik. Arga Puji Press, Mataram, pp. 1-101. ISBN 978-602-6800-61-9

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C1, Buku Model Pembelajaran Kausalitik, Deskripsi untuk PAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

TINJAUAN BUKU Fenomena pembelajaran bidang ilmu tertentu, seperti fisika atau bidang lainnya yang dalam pembuktian-pembuktian konsepnya sering menggantungkan pada layanan matematika perlu mendapat perhatian lebih untuk menghindarkan situasi dari pembelajaran dengan porsi matematis yang lebih besar. Persepsi pebelajar terhadap pembelajaran tersebut cenderung menjauhkannya dari ketertarikan dan tumbuhnya motivasi mempelajari bidang ilmu tersebut. Model pembelajaran kausalitik memfasilitasi untuk mengarahkan pembelajaran pada analisis kualitatif dengan porsi lebih besar daripada analisis kuantitatif. Pebelajar diarahkan memiliki kemampuan menganalisis fenomena untuk menentukan unsur-unsurnya yang merupakan faktor penyebab dan memprediksi akibat yang berpeluang terjadi. Selanjutnya, mereka difasilitasi untuk mampu mengidentifikasi dari penyebab-penyebab tersebut, kelompok unsur penyebab yang mana yang secara bersama-sama dapat menghasilkan setiap akibat yang telah diprediksi. Akhirnya, pebelajar diminta menjelaskan bagaimana kondisi dari setiap unsur penyebab dalam kelompok tersebut sehingga setiap akibat itu terjadi. Berkenaan dengan orientasi model pembelajaran di atas, penulis mencoba menyusun buku ini dengan tujuan utama menyediakan pedoman penyelenggaraan pembelajaran menggunakan model ini dan memperkenalkannya kepada para praktisi pendidikan, serta berharap banyak dosen atau guru yang menerapkan model pembelajaran ini. Muara dari penyusunan buku model pembelajaran ini, setiap pembelajaran menghasilkan penguasaan bidang ilmu secara konseptual dan memiliki pemahaman kualitatif yang kuat terhadap ilmu tersebut. Analisis kuantitatif diharapkan bukan sebagai tujuan utama pembelajaran melainkan menjadi wahana dalam menunjukkan kebermaknaan konsep-konsep dari bidang ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Item Type: Book Section
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran, kausalitik
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:37
Last Modified: 05 Jul 2018 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5008

Actions (login required)

View Item View Item