Rokhmat, Joni and Setiawan, Agus and Rusdiana, Dadi (2012) PBK-BA Sebuah Strategi Baru Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Problem-solving Calon Guru. In: Seminar Nasional IPA III, 26 Mei 2012, Prodi Pend. IPA, Universitas Negeri Semarang.
|
Text
Dok Lamp C24, Prosiding Seminar Nasional UNES 2012.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Telah dikembangkan Proses Berpikir Kausalitas dan Berpikir Analitik (PBK-BA) untuk pembelajaran Fisika Dasar bagi calon guru fisika. Pengembangan PBK-BA ini merupakan bagian dari penelitian doktoral yang ditujukan untuk mengekplorasi pola PBKBA mahasiswa calon guru fisika serta menguji efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan problem-solving mahasiswa tersebut. Penelitian ini melibatkan 45 mahasiswa yang terlibat dalam perkuliahan fisika dasar I. Metode yang digunakan adalah mixed method, embedded design one-phase yang menekankan pada analisis kualitatif, Creswell & Clark (2007, p. 67-71). PBK-BA memberi peluang bagi mahasiswa untuk dapat menyelesaikan setiap persoalan secara terbuka dan memberi peluang untuk memahami konsep fisika yang terkait secara tuntas. Data hasil dianalisis menggunakan uji beda ratarata dan dan skor gain ternormalisasi. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan kemampuan problem-solving mahasiswa pada pokok bahasan gerak. Selain itu, hasil angket memperlihatkan respon yang sangat positip dari mahasiswa berkenaan dengan implementasi strategi PBK-BA ini
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | PBK-BA, strategi baru pembelajaran fisika, kemampuan problem olving |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Dr. JONI ROKHMAT |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 01:36 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 01:36 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5116 |
Actions (login required)
View Item |