Penerapan Model Discovery Learning BerbantuanAlat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016

Suprayanti1, Ida (2015) Penerapan Model Discovery Learning BerbantuanAlat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL(ida suprayanti).pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMPN 5 Jonggat tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan model Discovery Learning berbantuan alat peraga sederhana. Penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, sedangkan pelaksanaan model Discovery Learningberbantuan alat peraga sederhana dilakukan melalui enamtahap yakni tahap stimulasi, identifikasi masalah, mengumpulkan data menggunakan alat peraga sederhana, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan.Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan satu dan dua adalah 8,8 dengan kategori cukup aktif dan 12 dengan kategori aktif. Hasil evaluasi pada siklus I diperoleh rata-rata kelas sebesar 60 dengan ketuntasan klasikal sebesar 73%. Pada siklus II skor rata-rata aktvitas belajar siswa siklus II pertemuan satu dan dua yakni 16,6 dan 18 dengan keduanya berada pada kategori sangat aktif. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 68 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan alat peraga sederhana dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 5 Jonggat tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Discovery Learning,alat peraga sederhana, hasil belajar, aktivitasbelajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:02
Last Modified: 06 Jul 2018 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5178

Actions (login required)

View Item View Item