HARJUANDI, HARJUANDI (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN S MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN BE KELAS X SMA Diajukan untuk Memenuhi PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN SAINS TEKNOLOGI ASYARAKAT BERBANTUAN BAHAN AJAR KONTEKTUAL BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
HARJUANDI E1Q012014.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat berbantuan bahan ajar kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Labuapi tahun ajaran 2015/2016. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain posttest only group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Labuapi yang berjumlah 77 siswa yang terbagi menjadi empat kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian adalah cluster random sampling, diperoleh kelas XC sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol yang beranggotakan masing-masing 19 siswa. Instrumen kemampuan berpikir kritis berupa tes uraian dengan mempertimbangkan validitas, realibilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Dari hasil tes akhir, diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 71.49 dan 60.63. Data kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh data kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Data kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis dengan t-test separated varians, diperoleh
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Sains teknologi masyarakat, bahan ajar kontektual, berpikir kritis. |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 06 Jul 2018 00:57 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 00:57 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5218 |
Actions (login required)
View Item |