PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN PENDEKATAN BRAIN-COMPATIBLE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2013/2014

RAIN, LUTHVIYA ZUN (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN PENDEKATAN BRAIN-COMPATIBLE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Luthviya Zun Rain.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design Proxy Pretest-Posttestini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dengan pendekatan Brain-Compatible Learning terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Lingsar tahun ajaran 2013/2014.Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMA Negeri 1 Lingsar yang tersebar dalam 6 kelas (168 siswa) dengan sampel kelas X-1 (kelas eksperimen, 27 siswa) dan kelas X-2 (kelas kontrol, 25 siswa). Sampel ditentukan berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata data proxy pretest pada masing-masing kelas. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dengan pendekatan Brain-Compatible Learning, sedangkan pada kelas kontrol berupa model pembelajaran konvensional dengan pendekatan konsep.Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (36,01) < nilai rata-rata posttest kelas kontrol (36,89). Analisis data posttest dengan menggunakan anacova(data proxy pretest sebagai kovariat)diperoleh F empirik (0,12) < F teoritik (4,04). Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan skor posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak signifikan (taraf kepercayaan 5%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dengan pendekatan Brain-Compatible Learning tidak memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Lingsar tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange; Brain-Compatible Learning; dan Hasil Belajar Kimia.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:50
Last Modified: 06 Jul 2018 00:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5257

Actions (login required)

View Item View Item