PENGARUH METODE PRAKTIKUM DAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT PADA SISWA KELAS X SMAN 6 MATARAM

NURINDANI, NENY (2016) PENGARUH METODE PRAKTIKUM DAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT PADA SISWA KELAS X SMAN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NENY NURINDANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitan quasi experimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan metode praktikum dan media komik terhadap hasil belajar kimia materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X SMAN 6 Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 6 Mataram yang terbagi dalam delapan kelas. Dua kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan metode praktikum dan media komik dan pada kelas kontrol berupa pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data digunakan adalah tes tertulis (posttest). Nilai rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t didapatkan thitung = 34,25 > ttabel = 1,66. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode praktikum dan media komik memberikan pengaruh lebih baik terhadap hasil belajar kimia materi larutan elektrolit dan non elektrolit pada siswa kelas X SMAN 6 Mataram dibandingkan dengan netode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode praktikum dan media komik, hasil belajar, larutan elektrolit dan non elektrolit
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:56
Last Modified: 06 Jul 2018 00:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5259

Actions (login required)

View Item View Item