Iza, Hukmi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
JURNAL MIZA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Novick terhadap hasil belajar kimia pada materi kesetimbangan kimia pada siswa kelas XI IPA SMAN 8 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Hasil belajar dalam penelitian ini adalah hasil belajar dalam bentuk pengetahuan (ranah kognitif). Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 8 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Novick dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Data diperoleh dengan menggunakan posttest yang dilaksanakan pada pertemuan akhir. Analisis data yang digunakan untuk hasil belajar dalam bentuk pengetahuan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 71,39 dengan ketuntasan klasikal 76,66%, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 65,08 dengan ketuntasan klasikal 43,33%. Hasil uji-t pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung 2,47 > ttabel 2,00 yang berarti Ha pada penelitian ini diterima atau Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Novick memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 8 Mataram tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran Novick, hasil belajar , kesetimbangan kimia ABSTRACT |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 06 Jul 2018 03:37 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 03:37 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5270 |
Actions (login required)
View Item |