PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ELEKTRONIK (E-LEARNING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI POKOK PERKEMBANGAN TEORI DAN STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GERUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

FITRIANI, ZUL (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ELEKTRONIK (E-LEARNING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI POKOK PERKEMBANGAN TEORI DAN STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GERUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Zulfitiani (E1M008002).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis elektronik (e-Learning) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pokok Perkembangan Teori dan Struktur Atom. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas X Jurusan IPA SMA Negeri 1 Gerung tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan merupakan quasi eksperimen dengan sampel sebanyak 73 siswa yang dibagi ke dalam dua kelas. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini, perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen berupa penerapan media pembelajaran berbasis elektronik (e-Learning) selama proses pembelajaran, sedangkan pada kelas kontrol proses pembelajaran berlangsung secara konvensional. Data motivasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan angket motivasi belajar yang dibagikan kepada siswa. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dari hasil tes yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Analisis hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Anakova dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan media pembelajaran berbasis elektronik (e-Learning) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional pada materi Perkembangan Teori dan Struktur atom siswa kelas X jurusaan IPA SMA Negeri 1 Gerung tahun pelajaran 2014/2015. 2) Penerapan media pembelajaran berbasis elektronik (e-Learning) tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): E-Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Atom.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:36
Last Modified: 06 Jul 2018 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5275

Actions (login required)

View Item View Item