PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 2 GERUNG MATERI TERMOKIMIA

SETIANINGSIH, TRY (2015) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 2 GERUNG MATERI TERMOKIMIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK-TRI SETIANINGSIH E1M011042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 2 Gerung pada materi termokimia. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Februari - November 2015 di SMAN 2 Gerung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental design), dengan desain penelitian adalah rancangan pre-test post-test non-equivalent control group design. Model pembelajaran berbasis proyek sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Gerung yang mendapatkan pelajaran kimia. Sampel penelitian diambil secara sampling jenuh yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang di gunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes pilihan ganda. Hasil belajar siswa eksperimen yaitu rata – rata pre-test = 25,83 dan rata – rata post test = 65,50 , sedangkan kelas kontrol rata – rata pre-test = 22,06 dan rata – rata post-test = 53,27. Teknik analisis data dengan menggunakan uji anakova untuk menguji hipotesis. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung sebesar 53,38 dan Ftabel sebesar 4,02 atau Fhitung > Ftabel. maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional pada hasil belajar siswa kelas XI SMAN 2 Gerung pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar, dan termokimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:36
Last Modified: 06 Jul 2018 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5278

Actions (login required)

View Item View Item