PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JONGGAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Warnaningsari, Putri (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JONGGAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I - BAB VI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)

Abstract

Pola pembelajaran teacher centered yang dominan di SMA Negeri 1 Jonggat, kurang efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Pembelajaran modification of reciprocal teaching adalah suatu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan analisis terhadap konsep yang dibacanya melakukan langkah-langkah berupa pemecahan masalah, menyusun pertanyaan atau menjelaskan konsep yang dipelajarinya dan memprediksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran modification of reciprocal teaching terhadap hasil belajar materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Jonggat tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan sampel sebanyak dua kelas yang diperoleh dengan teknik random sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran modification of reciprocal teaching dan pada kelas kontrol diberi pembelajaran ekspositori (ceramah bermakna). Secara statistik uji-t satu pihak pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung > ttabel (1,696>1,671) yang menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan model modification of reciprocal teaching terhadap hasil belajar kimia materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Jonggat tahun pelajaran 2011/2012. Data berupa hasil belajar siswa diambil melalui tes (pilihan ganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi sebesar 76, nilai terendah sebesar 30 dan nilai rata-rata sebesar 54.46 dengan ketuntasan klasikal 24.32%, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi sebesar 76, nilai terendah sebesar 33, nilai rata-rata 49.59 dan ketuntasan klasikal 17.94%. Berdasarkan hasil perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran modification of reciprocal teaching berpengaruh positif terhadap hasil belajar materi pokok ikatan kimia pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Jonggat tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Modification of Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Ikatan Kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:55
Last Modified: 09 Jul 2018 02:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5296

Actions (login required)

View Item View Item