PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM PADA SISWA KELAS X SEMESTER I MAN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

IRAWATI, SULISTIANA (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM PADA SISWA KELAS X SEMESTER I MAN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok struktur atom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan dua kelas sampel diperoleh dengan teknik simple random sampling, yakni X-5 sebagai kelas eksperimen dan X-6 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Data berupa prestasi belajar siswa diambil melalui tes. Pengaruh pemberian perlakuan terhadap prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan hasil tes kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi sebesar 75, nilai terendah sebesar 37,5 dan nilai rata-rata 56,77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 42,5%, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi sebesar 70,83, nilai terendah 37,5, nilai rata-rata 50,73 dan ketuntasan klasikal sebesar 22,5%. Secara statistik uji-t diperoleh thitung (2,55) lebih besar daripada ttabel (2,00) pada taraf signifikan 5% sehingga Ha pada penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap prestasi belajar kimia materi pokok Struktur Atom pada siswa kelas X semester I MAN 1 Mataram Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teams Games Tournamen (TGT), Prestasi Belajar, Struktur Atom.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:33
Last Modified: 13 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5437

Actions (login required)

View Item View Item