PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL PADA MATERI POKOK HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII.A SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2008/2009

OKTAMI, NI KADEK ESTI (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL PADA MATERI POKOK HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII.A SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi matematika SMP Negeri 15 Mataram diperoleh informasi bahwa kelas VII.A merupakan kelas yang inputnya paling baik diantara kelas yang lainnya, tetapi berdasarkan MID nilai rata-rata kelas VII.A yaitu 60,56 yang mana masih rendah diantara tiga kelas VII yang lain. Hal ini disebabkan siswa lebih banyak bersifat pasif. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal. Sebelum membentuk kelompok yang heterogen, guru memberikan lembar siswa yang terdiri dari ringkasan materi dan tugas. Kemudian siswa membuat soal dan menyelesaikannya serta mengirimkan soal ke kelompok lain. Siswa berinteraksi dan saling memunculkan strategi-strategi pemecahan masalah yang efektif dan bekerjasama untuk memahami materi pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini yang dilakukan dalam 3 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Masing-masing siklus dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Data aktivitas siswa dan guru diambil dengan menggunakan lembar observasi untuk siswa dan guru. Sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar yang dilaksanakan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas siswa mengalami peningkatan dan rata-rata skor minimal tergolong aktif dan terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata minimal 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I tergolong kurang aktif sedangkan siklus II dan siklus III tergolong aktif dengan rata-rata skor aktivitas tiap siklusnya adalah 9,76; 14,82; dan 16,98. Dari analisa hasil evaluasi diperoleh nilai rata-rata evaluasi yang mengalami peningkatan pada siklus I, II, dan III dengan nilai rata-rata 62,83; 67,94; dan 74,11. Peningkatan diperoleh setelah diadakan refleksi dari siklus ke siklus dan dilakukan tindakan perbaikan dengan teknik berkirim salam dan soal. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus ke siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas VII.A SMP Negeri 15 Mataram tahun pelajaran 2008/2009 pada materi pokok himpunan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:30
Last Modified: 13 Jul 2018 01:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5483

Actions (login required)

View Item View Item