PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 1 SENTELUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AENI, WARDATUL (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 1 SENTELUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WARDATUL AENI (E1E212249).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 1 Senteluk. Hal ini disebabkan karena penggunaan metode yang kurang menarik dan jenuh bagi siswa dalam penyampaian materi IPS. Dalam hal ini metode yang masih sering digunakan guru SDN 1 Senteluk yaitu metode ceramah yang interaksinya masih berlangsung satu arah umumnya dari guru ke siswa dalam proses belajar, sehingga keaktifan serta partisipasi siswa tidak terlihat pada proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode Probing-Prompting Learning pada siswa kelas IV SDN 1 Senteluk tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi dan tes. Pada siklus I diperoleh nilai siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 65% dan skor aktivitas belajar siswa sebesar 59 dengan kategori cukup aktif serta skor aktivitas guru sebesar 21 dengan kategori sangat baik. Pada siklus II data hasil belajar, aktivitas belajar siswa, dan aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu dengan ketuntasan klasikal 87% dan skor aktivitas belajar siswa sebesar 88 dengan kategori sangat aktif serta skor aktivitas guru sebesar 23 dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ingin dicapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Probing- Prompting Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 1 Senteluk tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar; Probing-Prompting Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:19
Last Modified: 30 Aug 2017 06:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item