PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDE DISCOVERY) DENGAN ALAT PERAGA MEQIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 3 TERONG TAWAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nurfitriyani, Nurfitriyani (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDE DISCOVERY) DENGAN ALAT PERAGA MEQIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 3 TERONG TAWAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 3 Terong Tawah tahun pelajaran 2015/2016. Kegiatan pembelajaran yang monoton tanpa alat peraga dan kecenderungan guru dalam mendominasi yang terlihat pada interaksi guru dengan siswa yang searah saat menyampaikan materi pelajaran menjadi salah satu faktor rendahnya hasil belajara matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guide discovery) dengan alat peraga meqip pada siswa kelas V SDN 3 Terong Tawah Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85% > 70 (berdasarkan KKM). Hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa antara siklus I dan siklus II terdapat perbedaan yang signifikan dan terjadi peningkatan pada siklus II. Pada siklus I, rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 78,79 dengan presentasi ketuntasan 73,52% sedangkan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh adalah 86,97 dengan presentasi ketuntasan 88,57% (siklus II). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (guide discovery) dengan alat peraga meqip dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 3 Terong Tawah tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran penemuan terbimbing (guide discovery), alat peraga meqip, hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2017 01:00
Last Modified: 30 Aug 2017 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item