PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN KARTU SOAL PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 6 SMAN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ARIANTI, FEBRI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN KARTU SOAL PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 6 SMAN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Febri Arianti.pdf

Download (793kB) | Preview

Abstract

Siswa kelas XI IPA 6 SMAN 7 Mataram tahun pelajaran 2015/2016 memiliki aktivitas dan hasil belajar yang rendah, hal tersebut disebabkan oleh penggunaaan metode pembelajaraan yang tidak disesuaikan dengan karakteristik siswa dan materi yang diajarkan. Untuk mengatasinya diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu solusi alternatifnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantuan kartu soal. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 SMAN 7 Mataram tahun pelajaran 2015/2016 pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Adapun masing-masing siklus terdiri atas tiga pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I untuk tiap pertemuan adalah 8,66 dan 10,34 dengan berkategori cukup aktif dan aktif. Sedangkan siklus II adalah 11 dan 12,66 dengan kategori aktif dan sangat aktif. Untuk hasil belajar siswa, diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 74,19% dan 87,10% dengan rata-rata nilai 79,65 dan 83,33. Dari keseluruhan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantuan kartu soal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 SMAN 7 Mataram tahun pelajaran 2015/2016 pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Numbered Heads Together, aktivitas belajar, hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5573

Actions (login required)

View Item View Item