PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

NURVENTIA, SARAH (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SARAH NURVENTIA E1R011045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMKN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015 tergolong masih rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga mengakibatkan siswa terlihat tidak aktif dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini mengandung unsur kerjasama kelompok dan adanya permainan yang mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi Peluang siswa kelas X Akuntansi 1 SMKN 1 Mataram tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi melalui penerapan model kooperatif tipe TGT yang terdiri dari tahap penyampaian tujuan pembelajaran, penyajian materi, belajar dalam kelompok (teams), permainan akademik (games tournament), penghargaan kelompok, dan penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor aktivitas siswa pada silus I adalah 42,5 dengan kategori aktif. Kemudian pada siklus II ratarata skor aktivitas siswa yaitu 52,5 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan hasil evaluasi siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan kalsikal yang dicapai adalah 83,78% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73,92. Hasil evaluasi siklus I ini dapat dikatakan meningkat dari sebelum melaksanakan penelitian, namun hasil ini belum mencapai ketuntasan klasikal yang ingin dicapai pada indikator keberhasilan. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 89,19% dengan nilai rata-rata kelas 83,92. Hasil tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Dengan melihat keseluruhan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembalajaran Kooperatif Tipe TGT pada materi peluang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Kooperatif tipe teams games tournament (TGT), aktivitas belajar, hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:24
Last Modified: 13 Jul 2018 01:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5585

Actions (login required)

View Item View Item