UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KERJASAMA SISWA KELAS XI PEMASARAN I SMKN 1 MATARAM MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PKn

WARIANI, NI NENGAH (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KERJASAMA SISWA KELAS XI PEMASARAN I SMKN 1 MATARAM MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PKn. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I NENGAH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan kualitas hasil belajar kognitif dan kerjasama siswa kelas XI Pemasaran I SMK Negeri 1 Mataram melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas XI Pemasaran I SMK Negeri 1 Mataram yang berjumlah 33 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus, dalam satu siklus terdiri dari 2 pertemuan 4 tahapan, yaitu: (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (action); (3) observasi (observing); dan (4) analisis dan refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumenter, observasi/pengamatan, tes tertulis, dan wawancara. Data perencanaan pembelajaran berupa perangkat pembelajaran dikumpulkan menggunakan metode dokumenter. Data pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi/pengamatan dan metode wawancara digunakan untuk memaknai peristiwa dalam proses pembelajaran. Tes tertulis diberikan pada setiap akhir siklus untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Sedangkan metode wawancara dilakukan untuk mengungkap “kemengapaan” dari siswa yang memperoleh nilai tertinggi dan terendah berdasarkan hasil tes belajar kognitif serta siswa yang tidak mampu bekerjasama. Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share sebagai variabel tindakan. Pada siklus I indikator kinerja variabel tindakan tercapai 79,07%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 97,67%. Jumlah ini telah melampui kriteria indikator kinerja variabel tindakan yang ditetapkan sebesar 85%. Data kemampuan kerjasama siswa diperoleh melalui implementasi variabel tindakan. Pada siklus I siswa yang mampu bekerjasama sebanyak 69,7%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 100%. Jumlah ini telah melampui kriteria ketuntasan indikator kinerja kerjasama yang ditetapkan sebesar 85%. Data hasil belajar kognitif siswa sebagai variabel harapan dengan KKM 75 pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas sebesar 70,36 dan terdapat 21 orang (63,63%) dari 33 orang siswa yang memperoleh nilai ≥75. Telah terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas sebesar 85,22 dan terdapat 29 orang (87,88%) dari 33 orang siswa memperoleh nilai ≥75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar kognitif PKn dan kerjasama siswa kelas XI Pemasaran I SMK Negeri 1 Mataram Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar Kognitif, Kerjasama, Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2018 03:58
Last Modified: 14 Jul 2018 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5820

Actions (login required)

View Item View Item