UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII A SMPN 16 MATARAM MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI TAHUN PELAJARAN 2011/2012”

HULLAINI, HULLAINI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII A SMPN 16 MATARAM MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI TAHUN PELAJARAN 2011/2012”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PKn SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 10 MATARAM MELALUI PENERAPAN Hera Parlina Wahida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berangkat dari permasalahan yang ada bahwa rendahnya kualitas proses dan hasil belajar siswa, maka rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran PKn melalui pendekatan pembelajaran Inkuiri dikelas VII A SMPN 16 Mataram tahun pelajaran 2011/2012. Adapun subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII A SMP Negeri 16 Mataram yang berjumlah 34 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan proses tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Data pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan teknik check list dengan dua option yaitu option ya dan option tidak dan hasil belajar kognitif siswa dikumpulkan melalui tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian telah terjadi peningkatan kualitas proses pelaksanaan pembelajaran yakni pada siklus I sebanyak 12 deskriptor yang muncul (75,5%) dari 16 deskriptor, dan siklus II mencapai 87,5% (14 deskriptor). Sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 24 siswa tuntas (70,58%) dari 34 jumlah siswa dengan nilai rata-rata 76,04, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 30 siswa tuntas (88,23%) dari 34 siswa dengan nilai rata-rata 80,15, dan telah melebihi indikator kinerja yang telah ditetapkan dalam penelitian ini yaitu 85%. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran Inkuiri berhasil meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 16 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Proses, Hasil Belajar, Pembelajaran Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2018 04:29
Last Modified: 14 Jul 2018 04:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5830

Actions (login required)

View Item View Item