PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOMBINASI NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 PRAYA BARAT PADA MATA PELAJARAN PPKn

MURNIATI, MURNIATI (2015) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOMBINASI NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 PRAYA BARAT PADA MATA PELAJARAN PPKn. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dialakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kombinasi Number Head Together dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar siswa SMPN 2 Praya Barat Pada Mata Pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan dengan desain pre-test and post-test group control. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 26 orang sebagai kelas eksperimen dan 26 orang sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah pilihan ganda yang dinyatakan valid adalah 20 soal dari 30 soal yang ada. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil pre-test sebesar 56.923 Dan hasil post-test 78.461 ini berarti bahwa hasil post-tes lebih tinggi daripada hasil pre-test. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah rumus uji t polled varians dan diperoleh t hitung > t table dengan dk =n1+n2-2 pada taraf signifikan 5% artinya terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran kombinasi number head together dan snowball throwing terhadap kelas eksperimen dan penggunaaan metode ceramah pada kelas kontrol sehingga Ha diterima dan Ho ditolak berarti terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kombinasi number head together dan snowball throwing terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Praya Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Pembelajaran Kombinasi Number Head Together dan Snowball Throwing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:22
Last Modified: 17 Jul 2018 04:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5883

Actions (login required)

View Item View Item