PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DALAM MATA PELAJARAN PKn DI SMK PARIWISATA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SARI, DESAK DEVI VANESA TUNJUNG (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DALAM MATA PELAJARAN PKn DI SMK PARIWISATA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Desak Devi Vanesa Tunjung Sari_e1b112014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa kelas X AP SMK Pariwisata Mataram melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan/ observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah deskriptor model pembelajaran Think Pair Share sebagai variabel tindakan yang muncul yaitu 24 deskriptor (80%). Selanjutnya, siswa yang mencapai indikator sikap kerjasama siswa yang merupakan variabel harapan yaitu 23 siswa berkategori baik dan hasil belajar siswa sejumlah 19 siswa (76%). Sedangkan pada siklus II, variabel tindakan yang muncul sebanyak 29 deskriptor (96,7%). Siswa yang mencapai indikator kinerja sikap kerjasama siswa sebagai variabel harapan berkategori sangat baik dan hasil belajar siswa sejumlah 23 siswa (92%). Dengan demikian, indikator kinerja variabel tindakan dan variabel harapan telah tercapai pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sikap Kerjasama Siswa, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Think Pair Share.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:16
Last Modified: 17 Jul 2018 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item View Item