PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIVICATION TECHNIQU (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 KECAMATAN NARMADA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TAHUN 2017/2018

BAIQ ELA SYAHRANI, BAIQ ELA SYAHRANI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIVICATION TECHNIQU (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 KECAMATAN NARMADA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TAHUN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL (BAIQ ELA SYAHRANI).pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V di SDN Gugus I Kecamatan Narmada tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simpel random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Narmada, sedangkan sampelnya adalah kelas V SDN 1 Selat sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 2 Selat sebagai kelas kontrol. Data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dianalisis menggunakan anlisis deskriptif, berdasarkan analisis tersebut diperoleh rata-rata keterlaksanaan proses pembelajaran dilihat dari aktivitas guru mencapai 90% dan berkategori sangat baik, sedangkan keterlaksanaan proses pembelajaran dilihat dari aktivitas guru mencapai 82% dan berkategori baik. Selain data hasil observasi, dalam penelitian ini diperoleh pula data hasil belajar siswa yang dianalisi menggunakan Analisis Kovarian (Anakova). Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) pada taraf signifikansi 5 % sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 (hipoteisis nihil) ditolak dan Ha (hipotesisi alternatif) diterima. Sedangkan sumbangan efektif perlakuan berupa model pembelajaran VCT terhadap peningkatan hasil belajar siswa adalah 84,5% yang diperoleh dari (0,845 x 100).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model pembelajaran Value Clarification Technique, hasil belajar Pendidikan Kewraganegaraan, hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 17 Jul 2018 05:07
Last Modified: 17 Jul 2018 05:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item