Penerapan Metode Bercakap-cakap Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa AnakUsia 4-5 Tahun Di TK Tanwirul Qulub Pejarakan Ampenan Tahun Ajaran 2010/2011

SULLASWATI. S, IRNA (2011) Penerapan Metode Bercakap-cakap Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa AnakUsia 4-5 Tahun Di TK Tanwirul Qulub Pejarakan Ampenan Tahun Ajaran 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi IRNA PAUD.doc
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Setiap anak terlahir sebagai sosok yang memiliki kemampuan bahasa. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak adalah melalui penerapan metode bercakap-cakap. Perkembangan bahasa merupakan kemampuan anak berkomunikasi dengan menyimbolkan pikiran dan perasaan untuk menyampaikan makna kepada orang lain yang bersifat ekspresif dan reseptif. Metode bercakap-cakap adalah salah satu metode yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bercakap-cakap untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Tanwirul Qulub Pejarakan Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang bersifat kolaboratif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah anak berusia 4-5 tahun yang berjumlah 25 anak di TK Tanwirul Qulub Pejarakan Ampenan Tahun Ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian; pada tahap pengembangan peneliti melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan setelah main. Tingkat keoptimalan pada pengembangan pertama pada saat melakukan percakapan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak kurang optimal. Pada pengembangan kedua peneliti membagi anak menjadi beberapa kelompok agar peneliti lebih fokus terhadap pengembangan bahasa anak, selain itu peneliti menambah media pendukung sehingga hasil pengembangan meningkat, kecuali pada satu anak yang dipengaruhi keadaan fisik yang baru sembuh dari sakitnya. Pada pengembangan ketiga dilakukan perbaikan pada pembelajaran dan berulang-ulang sehingga hasil yang dicapai dapat meningkat optimal. Dari data tersebut kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode bercakap-cakap dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru hendaknya memperbaiki kekurangan pada saat kegiatan bercakap-cakap sehingga dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metodse bercakap-cakap, kemampuan bahasa, anak usia 4-5 tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:36
Last Modified: 18 Jul 2018 00:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6103

Actions (login required)

View Item View Item