PENGARUH MODEL ROLE REVERSAL QUESTIONS (BERTUKAR PERAN MEMBUAT PERTANYAAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKN DI SDN GUGUS V KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MEI PATMALA SARI, MEI PATMALA SARI (2018) PENGARUH MODEL ROLE REVERSAL QUESTIONS (BERTUKAR PERAN MEMBUAT PERTANYAAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKN DI SDN GUGUS V KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi Mei Patmala Sari.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

3 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Role Reversal Questions terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan sampel kelas VB SDN 10 Cakranegara dan kelas V SDN 29 Cakranegara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar kognitif (pretest- posttest). Data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Role Reversal Questions dianalisis mengguanakan analisis desrkriptif yaitu keterlaksanaan pembelajaran selama tiga kali pertemuan mencapai 100% (sangat baik). Data hasil belajar kognitif (pretest-posttest) dianalisis menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA), diperoleh nilai α sebesar 0,000 < 0,05 dan rata- rata terkoreksi pada kelas eksperimen sebesar 80,630 > 58,608 pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan hipotesis penelitain diterima yang berbunyi ada pengaruh model Role Reversal Questions terhadap hasil belajar kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil analisis Estimates of Effect Size dengan Partial Eta Squared menunjukkan bahwa perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 91,3% dipengaruhi oleh model Role Reversal Questions, sedangkan sisanya 8,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Penggunaan model Role Reversal Questions dalam pembelajaran PKn dapat meningkakan hasil belajar siswa, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan model Role Reversal Questions dalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Role Reversal Questions, Hasil Belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:37
Last Modified: 20 Jul 2018 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6133

Actions (login required)

View Item View Item