MEI PATMALA SARI, MEI PATMALA SARI (2018) PENGARUH MODEL ROLE REVERSAL QUESTIONS (BERTUKAR PERAN MEMBUAT PERTANYAAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKN DI SDN GUGUS V KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
Jurnal Skripsi Mei Patmala Sari.pdf Download (435kB) | Preview |
Abstract
3 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Role Reversal Questions terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan sampel kelas VB SDN 10 Cakranegara dan kelas V SDN 29 Cakranegara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar kognitif (pretest- posttest). Data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Role Reversal Questions dianalisis mengguanakan analisis desrkriptif yaitu keterlaksanaan pembelajaran selama tiga kali pertemuan mencapai 100% (sangat baik). Data hasil belajar kognitif (pretest-posttest) dianalisis menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA), diperoleh nilai α sebesar 0,000 < 0,05 dan rata- rata terkoreksi pada kelas eksperimen sebesar 80,630 > 58,608 pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan hipotesis penelitain diterima yang berbunyi ada pengaruh model Role Reversal Questions terhadap hasil belajar kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil analisis Estimates of Effect Size dengan Partial Eta Squared menunjukkan bahwa perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 91,3% dipengaruhi oleh model Role Reversal Questions, sedangkan sisanya 8,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Penggunaan model Role Reversal Questions dalam pembelajaran PKn dapat meningkakan hasil belajar siswa, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan model Role Reversal Questions dalam dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Model Role Reversal Questions, Hasil Belajar PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | M Jafar Jafar |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 02:37 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 02:37 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6133 |
Actions (login required)
View Item |