PENERAPAN PERMAINAN SAINS UNTUK MENINGKATKANPERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ASISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013

SARI, PUSPITA (2013) PENERAPAN PERMAINAN SAINS UNTUK MENINGKATKANPERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ASISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi nita terbaru.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dunia anak adalah dunia bermain karena bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Proses bermain akan semakin jelas dalam ingatan anak apabila dilakukan dengan media pembelajaran yang beraneka ragam. Untuk itu upaya yang dapat diterapkan dalam mengembangkan kognitif anak adalah penggunaan media yang tepat.Salah satu media yang dapat digunakan untuk mengembangkan kognitif anak adalah dengan menggunakan permainan sains. Hal ini disebapkan anak usia 5-6 tahun sudah siap untuk berkreasi dengan permainan sains. Permainan sains adalah permainan yang menggunakan bahan-bahan sederhana atau yang ada disekitar anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana permainan sains dapat digunakan untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anak didik usia 4-5 tahun yang berjumlah 28 anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 6 Mataram. Sampel diambil 50% dari 28 anak yaitu sebanyak 14 anak yang berusia 5-6 tahun dan diambil secara acak oleh peneliti dengan system undian.Tahap pengembangan dalam penelitian ini dilakukan dalam dua tahap pengembangan. Setiap pengembangan terdiri dari tahap perencanaan, penerapan, dan analisis kegiatan, selama proses penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Berdasarkan hasil analisis data pada setiap tahapan pengembangan terjadi peningkatan terkait tentang pembelajaran sains dari tahap I proses pembelajaran guru mencapai 65% sedangkan pada tahap II mencapai 85% sedangkan perkembangan kognitif anak pada pengembangan I sudah mencapai rata-rata 59,61% dan tahapan II rata-rata mencapai 76,92%. kognitif anak sudah optimal hal ini dikarenakan proses permainan sains dilakukan dengan baik sehingga penelitian ini mampu mencapai indikator pengembangkan kognitif yang dinginkan. Dengan demikian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan sains yang dilakukan secara optimal melalui kegiatan mengukur,menimbang dan menakar yang dilakukan secara berulang dapat mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Permainan sains, Perkembangan Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:25
Last Modified: 20 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6309

Actions (login required)

View Item View Item