IDENTIFIKASI PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN LABUAPI TAHUN AJARAN 2013-2014

Renata, Sema Yunda (2014) IDENTIFIKASI PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN LABUAPI TAHUN AJARAN 2013-2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SEMA RFSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Dunia anak adalah dunia bermain, bagi anak prasekolah belajar adalah bermain dan bermain sambil belajar. Semua kegiatan bermain tersebut membutuhkan alat permainan edukatif (APE). Alat Permainan Eduktif (APE) adalah alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan kependidikan seperti puzzle, meronce, menjahit, balok pembangunan, plastisin, finger painting, donat susun dan sebagainya. Ketersediaan alat permainan tersebut menunjang terselenggaranya pembelajaran anak secara efektif dan menyenangkan sehingga anak-anak dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya secara optimal. Anak pada usia tersebut mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengoptimalkan segala aspek perkembangan. Salah satu aspek perkembangan yaitu motorik halus. Motorik halus adalah kemampuan anak prasekolah beraktivitas dengan menggunakan otot-otot kecil seperti menulis, meremas, menggenggam, menggambar, menyusun balok, dan memasukkan kelereng ke dalam lobang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi sebanyak 32 lembaga PAUD/TK Se-Kecamatan Labuapi dan sampel yang diambil guru kelas kelompok B dari 5 lembaga. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui alat permainan apa saja yang dominan dan efektif digunakan dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Adapun hasil penelitian yang diperoleh APE yang digunakan dalam mengembangkan motorik halus anak sebanyak 21 APE (70%), yang dominan digunakan sebanyak 13 APE (43,3%), dan yang efektif digunakan sebanyak 2 APE (6,6%). Berdasarkan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa persentase APE yang digunakan 70% dengan kriteria penilaian cukup baik, persentase APE yang dominan digunakan 43,3% dengan kriteria penilaian tidak baik, dan persentase APE yang efektif digunakan 6,6% dengan kriteria penilaian tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): APE, Motorik Halus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:29
Last Modified: 20 Jul 2018 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6331

Actions (login required)

View Item View Item