IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4 –5 TAHUN PADA TK DI KECAMATAN PRINGGARATA TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014

SAWITRI, I GUSTI AYU (2014) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4 –5 TAHUN PADA TK DI KECAMATAN PRINGGARATA TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Perkembangan kognitif pada Anak Usia Dini adalah kemampuan dasar yang dimiliki anak untuk dapat berpikir, merancang dan bisa menentukan dengan cepat atau tidaknya dalam menghadapi dan memecahkan suatu persoalan atau masalah, dari hasil interaksi sosial di lingkungannya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Indikator perkembangan kognitif apa saja yang berkembang, Indikator perkembangan kognitif apa saja yang belum berkembang, dan Indikator perkembangan kognitif apa saja yang dominan berkembang dari kemampuan Kognitif anak usia 4 - 5 tahun pada TK di Kecamatan Pringgarata tahun 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator perkembangan kognitif apa saja yang berkembang, yang belum berkembang dan Indikator perkembangan kognitif yang dominan berkembang dari kemampuan kognitif pada anak usia 4-5 tahun pada TK di Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian sampel yang menggunakan metode survey, dengan tehnik pengumpulan data dengan observasi. Analisis data menggunakan metode kuantitatf deskriptif yaitu menjabarkan hasil analisis data tentang perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun. Hasil penelitian ini dijabarkan ke dalam rekapitulasi data se-Kecamatan Pringgarata, sebagai berikut : Dari 10 lembaga yang ada di Kecamatan Pringgarata diperoleh hasil rata-rata prosentase yaitu : 1. bahwa skor 0 = belum berkembang ( BB ) mencapai prosentase rata-rata tertinggi yaitu 68,1 %, disusul perolehan pada skor 1 = Berkembang Belum Maksimal (BBM) mencapai 17,6%, dan perolehan skor 2 = Berkembang Sesuai Harapanl ( BSH) mencapai 14,3%. Indikator yang dominan berkembang mencapai 90%. Hasil tertinggi terlihat pada skor penilaian 0 yaitu kriteria belum berkembang (BB).. Menurut peneliti hal ini disebabkan karena pada saat dilakukan penelitian bersamaan dengan awal masuk tahun ajaran, sehingga indikator-indikator yang terdapat pada instrumen penelitian belum banyak yang diterapkan oleh guru pada proses bermain seraya belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 00:48
Last Modified: 21 Jul 2018 00:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6348

Actions (login required)

View Item View Item