IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI GUGUS VII KECAMATAN PRAYA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

LIDIYAWATI, LIDIYAWATI (2014) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI GUGUS VII KECAMATAN PRAYA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LIDIYAWATI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan kognitif adalah kemampuan anak berfikir, merancang, menetukan dengan cepat atau tidaknya menghadapi masalah dalam lingkungannya. Adapun rumusan masalahnya adalah indikator apa yang belum berkembang, indikator berkembang, indikator yang dominan berkembang dari kemampuan perkembangan kognitif anak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui indikator yang belum berkembang, berkembang dan indikator dominan berkembang dari kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di Gugus VII Kecamatan Praya. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pengumpulan data observasi dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa TK/PAUD usia 4-5 tahun di gugus VII Kecamatan Praya Lombok Tengah 2013/2014 berjumlah 51 orang. Berdasarkan hasil penelitian perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di Gugus VII Kecamatan Praya Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2013-2014 indikator belum berkembang yaitu mengenal gejala sebab akibat, mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri, mengklasifikasikan benda kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang tidak sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan dua versi, mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna, dan mengenal lambang huruf dengan persentase 39,38 %. Indikator berkembang yaitu mengenal benda berdasarkan fungsi, menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik, mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna atau ukuran, mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC, mengenal konsep banyak dan sedikit, membilang banyak benda 1 sampai 10, mengenal konsep bilangan, mengenal lambang bilangan dengan persentase 60,62 % karena guru memiliki kemampuan mendidik anak yang selalu memperhatikan kebutuhan yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak, kreatifitas guru dalam pengadaan alat permainan sederhana sehingga anak tidak berebutan alat main yang terbatas. Sedangkan yang dominan berkembang adalah indikator membilang banyak benda 1 sampai 10 dengan persentase 76,47 % karena indikator ini selalu ditampilkan dikegiatan awal mapun kegiatan inti.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 00:48
Last Modified: 21 Jul 2018 00:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6349

Actions (login required)

View Item View Item