MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA GAMBAR DI RAUDLATUL ATHFAL (RA) MANHALUL HIKMAH BABAKAN TAHUN AJARAN 2014/2015

ISMAWATI, ISMAWATI (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA GAMBAR DI RAUDLATUL ATHFAL (RA) MANHALUL HIKMAH BABAKAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Revisi Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

Kemampuan menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dipelajari untuk menunjang kemampuan berbahasa yang baik. Kemampuan menyimak yang baik bisa memperlancar berkomunikasi karena komunikasi tidak akan berjalan dengan lancar jika pesan yang sedang diberikan atau diterima tidak dimengerti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui media gambar kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun akan lebih baik di Raudlatul Athfal (RA) Manhalul Hikmah Babakan Tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui media gambar kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun akan lebih baik di Raudlatul Athfal (RA) Manhalul Hikmah Babakan Tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dalam dua kali pengembangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah 15 orang anak usia 5-6 tahun di Raudlatul Athfal (RA) Manhalul Hikmah Babakan Tahun Ajaran 2014/2015. Data penelitian tentang kemampuan menyimak dikumpulkan dengan metode observasi dan dokumentasi serta instrument menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Perkembangan menyimak anak usia 5-6 tahun di Raudlatul Athfal (RA) Manhalul Hikmah Babakan Tahun ajaran 2014/2015 melalui media gambar pada pengembangan I termasuk kriteria Berkembang Baik dengan hasil capaian persentase 72,14 % secara kelompok. Sedangkan pada pengembangan II terdapat perkembangan yang sangat signifikan atau berarti yaitu kriteria Berkembang Sangat Baik dengan capaian persentase 85,48 % secara kelompok pada semua kemampuan menyimak anak. Dengan demikian melalui media gambar kemampuan menyimak anak meningkat atau berkembang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menyimak, media gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 06:08
Last Modified: 21 Jul 2018 06:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6465

Actions (login required)

View Item View Item