MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENCETAK BUBUR KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PGRI BUGIS TALIWANG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NURKUSTIAWAN, NURKUSTIAWAN (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENCETAK BUBUR KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PGRI BUGIS TALIWANG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NURKUSTIAWAN E1F113048.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi peneliti pada tanggal 5 Januari 2016 bersama guru kelas Kelompok B Ibu Irawati, S.Pd di TK PGRI Bugis Taliwang, sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang mendidik anak usia dini mengalami beberapa masalah yang terkait dengan kegiatan belajar. Di sekolah ini, pada kelompok B tingkat pencapaian perkembangan motorik halusnya masih kurang maksimal. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mencetak bubur kertas pada anak kelompok B di TK PGRI Bugis Taliwang Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mencetak bubur kertas pada anak kelompok B di TK PGRI Bugis Taliwang Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Kegiatan mencetak bubur kertas dengan langkah-langkah merobek, meremas, menekan dan mencetak dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK PGRI Bugis Taliwang. Hasil observasi kemampuan motorik halus anak pada siklus I mencapai 60.5% termasuk kategori cukup. Hasil observasi kemampuan motorik halus anak pada siklus II meningkat 10.11% menjadi 70.67% termasuk kategori baik. Hasil observasi kemampuan motorik halus anak pada siklus III kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan 16% sehingga nilai akhir menjadi 86.67% termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan mencetak bubur kertas yang dilakukan dengan benar dan optimal dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK PGRI Bugis Taliwang Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan motorik halus, mencetak bubur kertas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:25
Last Modified: 25 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6690

Actions (login required)

View Item View Item