MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 SDN 1 MEKARSARI

PURNAMIWATI, IDA AYU (2010) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 SDN 1 MEKARSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI 2.doc
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)

Abstract

Latar Belakang penelitian tindakan kelas ini adalah Metode yang di gunakan kurang berfariasi,kurangnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan prestasi siswa rendah pada mata pelajaran IPS.Kurangnya media pendukung dalam pembelajaran dan metode yang kurang tepat mengakibatkan rendahnya aktivitas dan prestasi belajar sehingga penggunaan metode demontrasi diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk . Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui pretasi belajar IPS dengan menggunkan metode demontrasi pada siswa kelas 4 di SDN 1 mekarsari tuhun pelajaran 2009/2010.(2) untuk mengetahui peningkatan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan metode demontrasi tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan/ tindakan, observasi, evaluasi refleksi. Subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN 1 Mekarsari yang berjumlah 36 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus dan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Adapun indikator kinerja penelitian ini adalah tercapainya peningkatan skor rata-rata aktivitas siswa dari skor rata-rata pada siklus sebelumnya dan minimal berkategori aktif pada siklus akhir dan tercapainya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar dari nilai rata-rata pada siklus sebelumnya dan nilainya minimal mencapai 60,0 dengan ketuntasan klasikal minimal mencapai 80% pada siklus akhir. Hasil penelitian ini adalah skor rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I dan II masing-masing 27,5 dan 44 dengan kategori kurang aktif aktif. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa siklus I dan siklus II masing-masing adalah 60,0 dan 74,3 dengan ketuntasan klasikal 63,6%dan 84,4%88,57%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan “metode demonstrasi” dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 1 Mekarsari tahun pelajaran 2009-2010

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar, Metode Demontrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:29
Last Modified: 25 Jul 2018 06:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6790

Actions (login required)

View Item View Item