PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

YUSTIADI, FERDI (2010) PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ferdi 01.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelasV SDN 1 Labuapi melalui pembelajaran yang berorientasi pada metode diskusi kelas. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Labuapi sebanyak 42 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) dengan proses tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Data prestasi belajar IPS siswa dan keaktifan siswa dan guru dikumpulkan melalui tes dan observasi dilakukan pada setiap proses pembelajaran berlangsung pada kedua siklus. Selanjutnya data yang di kumpulkan dianalisis secara kuantitatif. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila hasil belajar siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) ≥ 60 secara individual dan secara klasikal ≥ 85% dicapai dengan baik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan 57,14% dengan nilai rata-rata 65,95 dan jumlah siswa yang tuntas 24 orang. Pada siklus II persentase ketuntasan 85,71% dengan nilai rata-rata 71,90 dan jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 36 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa penggunaan metode diskusi kelas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Labuapi tahun pelajaran 2010/2011. .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Diskusi, Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:24
Last Modified: 31 Jul 2018 06:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item View Item