Fathul Hasanah 2010. Judul PTK “Pembelajaran Tematik dengan Tema Tumbuhan Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas II SDN 6 Mataram

HASANAH, FATHUL (2011) Fathul Hasanah 2010. Judul PTK “Pembelajaran Tematik dengan Tema Tumbuhan Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas II SDN 6 Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V news.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Salah satu regulasi peningkatan mutu pendidikan adalah melalui penerapan pembelajaran tematik pada kelas rendah. Implementasi pembelajaran tematik di SDN 6 Mataram belum sepenuhnya menggunakan beragam model pembelajaran. Untuk itulah dicoba melakukan penelitian dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat (US Departement of Education, 2001). Pembelajaran tematik dapat membantu siswa dalam mencapai tujuannya. Siswa dapat lebih aktif dan berposisi sebagai subjek pembelajaran. Proses belajar mengajar lebih diwarnai Student centered daripada teacher centered. Dalam pengajaran kontekstual memungkinkan terjadinya lima bentuk belajar yang penting, yaitu mengaitkan (relating), mengalami (experiencing), menerapkan (applying), bekerjasama (cooperating) dan mentransfer (transferring). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dari analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa tuntas 100 % pada siklus I dan 100 % pada siklus II. Hal ini dilihat berdasarkan hasil evaluasi siswa dari jumlah nilai rata-rata individu dan nilai di atas KKM yaitu 70. Hal ini didukung dengan kegiatan guru dan siswa selama persiapan dan proses pelaksanaan pembelajaran yang lebih mengkhususkan pada masyarakat belajar atau kelompok belajar sangat baik. Dan telah diupayakan sesuai dengan konsep Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang termuat di dalamnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas II SDN 6 Mataram dapat ditingkatkan dengan Pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Dengan demikian guru sebagai pengajar perlu manggunakan tehnik pembelajaran yang efektif, inovatif dan menyenangkan yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Salah satunya dengan Pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tematik, Peningkatan, (Contextual Teaching and Learning )CTL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:03
Last Modified: 25 Aug 2018 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7283

Actions (login required)

View Item View Item