PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 SEKOTONG TAHUN 2010

ARIYATI, WINDA (2011) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 SEKOTONG TAHUN 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
winda skripsi edit.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh suatu fenomena masih rendahnya keberanian siswa dalam berbicara di depan kelas sehingga permasalahan tersebut perlu mendapatkan perhatian. Mencermati kenyataan dimaksud di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran yang nyata tentang rendahnya keberanian siswa dalam berbicara di depan kelas dan bagaimana tingkat kemampuan siswa setelah dalam pembelajaran diterapkan metode diskusi kelompok. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini menyimpulkan bahwa penelitian memberikan pembelajaran pada pembelajaran siklus 1 dengan menggunakan metode diskusi kelompok maka diperoleh nilai rata-rata (IPK) = 68,73 masuk dengan kategori normal dengan prosentase ketuntasan 81,57% sedangkan hasil observasi dengan total sekor 14,1 dan rata-rata 2,82 ini menunjukan siswa tergolong aktif. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata (IPK) = 74,13 masuk dengam kategori tinggi dengan prosentase ketuntasan 91,89% dimana hasil observasi dengan jumlah total sekor 35,63 dan rata-rata 5,9 hal ini menunjukan siswa aktif. Berdasarkan hasil penelitian data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di depan kelas pada siswa kelas IV SDN 5 Sekotong Tahun Ajaran 2009/2010

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cermat, Lugas, Kritis, Efektif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:02
Last Modified: 25 Aug 2018 02:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7295

Actions (login required)

View Item View Item