PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 3 KURANJI TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

UMARAH, SULASTRI (2011) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 3 KURANJI TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab I, II, dan III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas V SDN 3 Kuranji. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan sangatlah monoton yakni metode ceramah saja. Selain itu guru kurang mengoptimalkan dan memanfaatkan media maupun alat peraga yang sudah disediakan, sehingga mengakibatkan kurang antusiasnya siswa dalam belajar. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TPS (Think-Pair-Share) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa materi bangun ruang siswa kelas V semester II SDN 3 Kuranji tahun pelajaran 2010/ 2011. Tujuan dilaksanakannya penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar, serta kerjasama kelompok dalam pelajaran matematika materi bangun ruang siswa kelas V SDN 3 Kuranji dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Think-Pair-Share. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Kuranji. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus yaitu siklus I, II dan III dengan indikator keberhasilan adalah hasil belajar siswa mencapai nilai ≥ 85 dan tercapai ketuntasan belajar secara klasikal 85% dari hasil nilai yang dicapai. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan pada pertemuan selanjutnya setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 55,37 dengan presentase ketuntasan klasikal 22,22%, siklus II rata-rata nilai siswa 82,87 dengan presentase ketuntasan klasikal 55,55%, dan pada siklus III rata-rata nilai siswa 91,96 dengan presentase ketuntasan klasikal 85,19%. Hal ini menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dari setiap siklus. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi bangun ruang pada siswa kelas V SDN 3 Kuranji tahun ajaran 2010/ 2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS), Prestasi belajar, bangun ruang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:06
Last Modified: 03 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7310

Actions (login required)

View Item View Item